Laman

Selasa, 31 Januari 2017

KERJASAMA INTERNASIONAL

Pembelajaran kali ini menggunakan Bagan sebagai berikut:

1.       Pengertian Kerjasama Ekonomi Internasional         
Kerjasama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu, dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan.
2.       Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kerjasama Ekonomi Internasional

a.       Akibat adanya perbedaan
1)      Perbedaan sumber daya alam
Sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara berbeda-beda baik dari segi jenis dan jumlahnya. Ada negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun ada juga negara yang memiliki sedikit sumber daya alam.
2)      Perbedaan iklim dan kesuburan tanah
Perbedaan iklim dan kesuburan tanah antara satu negara dengan negara lain akan menyebabkan perbedaan jenis tanaman.
3)      Perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi
Kemampuan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan antara satu Negara dengan negara lain tidak sama. Negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Eropa Barat, dan Jerman memiliki kemampuan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dibandingkan negara-negara berkembang.
4)      Perbedaan ideologi
Perbedaan ideologi antar negara dapat memicu permasalahan. Permasalahan bisa menjadi kopnflik antar negara. Untuk meredakan konflik atau ketegangan perlu adanya kerja sama, sehingga tidak memperbesar konflik yang telah ada.


b.      Akibat adanya persamaan
1)      Kesamaan sumber daya alam
Kesamaan sumber daya alam antara beberapa negara dapat mendorong terbentuknya kerja sama antarnegara.
2)      Kesamaan keadaan wilayah (kondisi geografis)
Negara-negara yang terletak di suatu wilayah yang memiliki kondisi geografis yang sama sering mengadakan kerja sama untuk kepentingan wilayah dari masing-masing negara anggotanya.
3)      Kesamaan ideologi
Negara-negara yang mempunyai kesamaan ideologi dapat mendorong suatu negara melakukan kerjasama. Sama-sama memiliki ideology ingin menciptakan perdamaian dan keamanan di lingkungan regional. Contoh Kasus penculikan oleh kelompok Abu Sayyaf terhadap pelaut Indonesia di Filipina. Tidak ada konflik antara Indonesia dan Filipina, tetapi ada kelompok yang tidak puas. Jadi Indonesia dan Filipina bekerjasama untuk membebaskab Sandra.
4)      Kesamaan agama
Adanya persamaan agama juga dapat mendorong beberapa negara untuk bergabung dalam suatu organisasi. Ada Kristen, dan Islam, Hindu maupun Budha.  Contoh UCG, ILO

3.       Tujuan dan Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional
Ada berbagai tujuan dan manfaat dari adanya kerjasama ekonomi Internasional. Diantaranya adalah kegiatan ekspor impor yang meningkatkan devisa negara-negara pelaku kerjasama. Manfaat lain adalah memperluas pasaran produk dalam negeri.

a.       Tujuan Umum kerjasama Internasional
1)      Mengisi kekurangan di bidang ekonomi bagi masing-masing negara yang mengadakan kerja sama.
2)      Meningkatkan perekonomian negara-negara yang mengadakan kerja sama di berbagai bidang
3)      Meningkatkan taraf hidup manusia, kesejahteraan, dan kemakmuran dunia
4)      Memperluas hubungan dan mempererat persahabatan
5)      Meningkatkan devisa Negara
b.      Tujuan Khusus kerjasama Internasional
1)      Mencukupi kebutuhan masyarakat masing- masing Negara akan barang dan jasa
2)      Mencegah/ menghindari konflik yang mungkin terjadi
3)      Memperoleh pengakuan sebagai Negara merdeka
4)      Mempererat hubungan antar Negara di berbagai bidang
5)      Memperluas pasar hasil produksi barang dan jasa
6)      Mendorong peningkatan produktivitas hasil produksi
7)      Memperluas lapangan kerja
8)      Menambah devisa Negara
9)      Mendistribusikan manfaat sumber yang mengurangi ketimpangan Antara Negara maju dan Negara berkembang
c.       Manfaat Kerjasama Internasional
1)      Bidang Ideologi
Kerjasama diselenggarakan dengan maksud supaya dapat saling memahami sehingga meminimalisir kesalahpahaman akibat perbedaan ideologi. Dengan bekerjasama maka akan muncul saling menghormati perbedaan landasan atau falsafah negara.
2)      Bidang Politik
Masing-masing negara memiliki kepentingan politik. Agar tidak terjadi kesalahpahaman yang yang menimbulkan konflik maka diadakan kerjasama. Manafaat kerjasama inilah di antaranya adalah meredakan atau meminimalisir  konflik di bidang politik, dengan  berorientasi pada kepentingan nasional masing- masing negara.
3)      Bidang Ekonomi,
Adanya kerjasama akan memicu munculnya kerjasama bidang ekonomi. Kerjasama dapat berwujud perdagangan antar negara tersebut. Perdagangan yang dijalankan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan Negara-negara pelaku kerjasama.
4)      Bidang Sosial Budaya,
Masing-masing Negara memiliki latar belakang sosial budaya yang berbeda-beda. Meski ada kemiripan namun tidak ada yang sama persis. Untuk itu, kerjasama dapat saling melengkapi namun tetap berpedoman pada kepribadian bangsa masing -masing. Contoh perwujudan kerjasama ini adalah dengan menyelenggarakan pentas seni bersama antar Negara dan ditayangkan di TV seluh anggota Negara penyelenggara.
5)      Bidang Pertahanan dan Keamanan,
Bangsa Indonesia menjalin hubungan internasional atau hubungan antarbangsa. Indonesia melaksanakan kebijaksanaan tersebut dalam wujud hubungan luar negeri. Pelaksanaan hubungan luar negeri oleh bangsa Indonesia didasarkan pada asas kesamaan derajat, saling menghormati, saling menguntungkan dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing. Di antara wijud kerjasama adalah dengan menyelenggarakan latihan perang bersama.
6)      Bidang pendidikan
Saling bertukar pelajar dan mahasiswa untuk menimba ilmu sehingga mambawa dampak positif bagi negara asal. Pengiriman guru atau dosen untuk tugas belajar antar Negara juga merupakan wujud kerjasama ini yang bermanfaat meningkatkan pendidikan di Negara-negara penyelenggara.
7)      Bidang kesehatan
Hal ini tidak lepas dari perkembangan Teknologi, terutama teknologi kesehatan. Saling membantu dalam hal medis seperti peralatan medis, tenaga medis, obat-obatan, serta perkembangan yang terjadi pada dunia medis. Dan pada akhirnya akan meningkatkan teknologi kesehatan bagi negara pelaku.
4.       Dampak Kerjasama Ekonomi Internasional
Dampak KerjasamaEkonomi Internasional ada dua yaitu dampak positif dan dampak negative. Untuk memahami dampak-dampak tersebut ikuti permainan berikut.
Klik pada satu dampak yang kamu ingin tahu. Maka akan muncul uraian tentang dampak tersebut. Jika ingin kembali ke tampilan awal, agar kamu dapat melihat uraian dampak yang lain, klik di sembarang tempat.
a.       Dampak positif
1.       Meningkatkan Keuangan Negara
2.       Membantu Meningkatkan Daya Saing Ekonomi
3.       Meningkatkan Investasi
4.       Meningkatkan devisa Negara
5.       Memperkuat Posisi Perdagangan
b.      Dampak negative
1.       Ketergantungan dengan Negara Lain
2.       Intervensi Negara lain terhadap Perekonomian dalam Negeri
3.       Masuknya Tenaga Asing ke Indonesia
4.       Mendorong Masyarakat Hidup Konsumtif
5.       Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Ada berbagai peran Indonesia dalam kerjasama Internasional. Salah satunya sebagai pendiri. Tentang hal ini akan kalian bahas lebih jauh di forum diskusi.
6.       Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional
Banyak negara yang melakukan kerja sama ekonomi internasional karena menyadari bahwa kerja sama ekonomi internasional memberikan manfaat. Kerja sama ini dapat dilakukan antara negara maju dengan negara berkembang, atau antara sesama negara maju. Kerja sama antara negara maju dengan negara berkembang diwujudkan dalam bentuk tukar-menukar barang mentah dengan barang jadi, atau pertukaran barang mentah dengan modal dan tenaga ahli. Sedangkan kerja sama antara sesama negara maju diwujudkan dalam bentuk pertukaran tenaga ahli serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
7.       Lembaga atau Organisasi Kerjasama Ekonomi Internasional
Lembaga ini sudah banyak dikenal. Kalian akan mengajukan beberapa contoh dan menguraikannya di forum diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar